Monday 26 September 2016

Filled Under:

Instalasi Windows 7 Menggunakan Virtual Box


 
Hello Readers, welcome to technologician area J kali ini aku bakal bahas-bahas mengenai langkah-langkah instalasi Windows 7 menggunakan software Virtual Box nih. Sebelumnya udah tau belum sih Virtual Box itu apa? Untuk lebih lengkapnya check it out yak ^_^
    Virtual Box adalah software yang seperti namanya yaitu virtualisasi atau hanya sebuah simulasi untuk menginstall Operating System (OS). Virtual box ini free alias gratis dan open-source dari Oracle Corporation yang memungkinkan untuk mensimulasikan penginstalan mulai dari Linux, IBM OS/2, Windows, Mac OS X, BSD, Solaris, dan OpenSolaris. Jadi, kalo readers sekalian ingin latihan instalasi bermacam-macam OS, gak perlu lagi tuh nginstall ulang laptop/PC sampai berkali-kali, karena kita udah tau lah ya kalo teknologi bak atlet lari yang larinya cepet pake banget. Kalau kita masih berkutat dengan hal-hal manual seperti nginstall berulang kali pake laptop/PC kasihan lah ya :D. Nah karena itu, Virtual Box ini cocok banget deh buat pecinta IT yang update teknologi. Selanjutnya, readers simak yah dan kalau bisa sambil dipraktekkan gimana caranya menginstall virtual box sekaligus instalasi windows 7 dengan virtual box itu sendiri. Semoga bermanfaat ders J
Bukalah terlebih dahulu file dimana software virtual box diletakkan setelah sebelumnya mendownload dari Oracle maupun asking from friends :v. Kali ini yang saya gunakan adalah Virtual Box 5.1.6 untuk windows. Setelahnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, kemudian klik Run.
Kemudian akan muncul jendela untuk memastikan lanjut tidaknya proses instalasi, Klik saja next untuk melanjutkan.
 
Pada tahap ini adalah pemilihan lokasi instalasi yang diinginkan (biasanya memang di local disk C), selanjutnya klik next.
 
Klik next pada tahap ini untuk membuat aplikasi ini terlihat pada desktop, Quick lunch bar, maupun regitrasi. Jika tidak menginginkan salah satu dari hal tersebut, cukup hilangkan centang yang ada.
 
Setelahnya akan muncul peringatan bahwa untuk instalasi ini akan membuat koneksi jaringan terputus. Klik yes untuk instalasi.
 
Tahap selanjutnya adalah untuk mengecek kesiapan instalasi, jika masih ingin membuat perubahan pada tahap-tahap yang telah dilewati maka pilih back. Pada tahap ini klik install untuk memulai instalasi.
 
Pada saat muncul Windows Security, kamu pilih saja install. Virtual Box ini terpercaya karena asli dari Oracle Corportion.
 
Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai
 
Klik finish untuk mengakhiri proses instalasi
 
Kemudian akan muncul tampilan pertama pada virtual box, untuk kemudian kamu bisa memulai menginstall OS yang kamu inginkan.
 
Selanjutnya kamu bisa mulai proses instalasi Windows 7 menggunakan virtual box yang telah diinstall tadi.
      
Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini ya
Setelah Virtual Box terbuka, klik ikon baru di bagian kiri atas tampilan atau kamu bisa gunakan shorcut Ctrl+N pada keyboard.
 
Kemudian akan muncul jendela persetujuan untuk memastikan bahwa kita ingin membuat komputer virtual yang baru. Berilah nama komputer virtual sesuai yang kamu inginkan pada kolom yang kosong, kemudian pilih Microsoft Windows pada tipe sistem operasi dan Windows 7 64-bit atau sesuaikan dengan file ISO yang kamu miliki. Jika sudah, klik lanjut untuk melanjutkan.
 
Lalu aturlah RAM yang kamu gunakan untuk komputer virtual ini. Sebagai percobaan saya gunakan 512 MB. Klik lanjut untuk melanjutkan.
 
Kemudian pada jendela ini kamu membuat harddisk virtual untuk menciptakan mesin virtual.
 
Selanjutnya kamu bisa pilih tipe berkas untuk harddisk virtual baru, umumnya yang digunakan adalah VDI, klik lanjut.
 
Pada pemilihan jenis penyimpanan harddisk fisik, pilih yang secara dinamik. Lanjuuttt.
 
Pada tahap ini adalah pengaturan besarnya lokasi dan ukuran berkas yang akan dipakai. Karena masih dalam tahap percobaan, di sini saya memilih yang direkomendasikan (25,00 GB). Pilih buat untuk melanjutkan.
 
Pada tampilan selanjutnya ini, klik menu mulai dengan ikon tanda panah hijau pada bagian atas.
 
 Pilih ikon berkas berwarna coklat untuk menuju lokasi sistem operasi kamu diletakkan.
 
Kemudian pilih sistem operasi yang akan dilakukan proses instalasi.
 
Klik mulai untuk instalasi Windows 7 dengan Virtual Box
 
Untuk mengetahui lebih lanjut proses instalasinya secara menyeluruh, berikut saya lampirkan dalam bentuk PPT :)
Sebelumnya, terimakasih atas kunjungannya ya. Semoga bermanfaat :)


0 comments:

Post a Comment